Recent Posts

    5 fakta dan sejarah unik tentang kota bandung

    5 fakta dan sejarah unik tentang kota bandung
    Bandung . Siapa yang tak kenal Bandung yang terkenal dengan julukan " Bandung Lautan Api "
    Bandung  menjadi salah kota metropolitan terbesar selain Jakarta, Surabaya dan Medan .



      Bandung Memiliki fakta unik dan menarik untuk diketahui yang tentu saja benar-benar berbeda dan jarang ditemukan ditempat lain. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung sejak lama berperan sebagai pusat ekonomi, kebudayaan, dan menjadi tujuan wisata utama yang banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau masa liburan. 

    1.Punya Bioskop Pertama di Indonesia



       Industri film tanah air sudah sedemikian pesat hingga mampu menelurkan karya fenomenal, namun tahukah kamu bahwa Bandung menjadi kota pertama di Indonesia sebagai tempat pemutaran film bioskop dengan judul Lutung Kasarung pada tahun 1926 dan film kedua berjudul Eulis Acih ditayangkan satu tahun berselang. Hingga sekarang, Bandung juga sebagai tempat pertama didirikannya Blitz Megaplex Paris Van Java yang merupakan bioskop terbesar Indonesia.


    2. Sejarah kota bandung yang awal nya Bendungan
      
      Ribuan tahun yang lalu, Kota Bandung terbentuk karena lava dari letusan Gunung Tangkuban Perahu terbendung dan membentuk telaga atau bendungan.
    Lalu, lama kelamaan membentuk aliran sungai, yaitu Sungai Citarum. Dari kata “bendungan” inilah nama Bandung berasal.
    Ada juga yang mengatakan, Bandung diambil dari nama kendaraan yang disebut perahu bandung, yaitu dua perahu yang diikat berdekatan.

    3. Bandung terbentuk dari danau kering

    Dahulu, Bandung merupakan danau yang dikelilingi oleh pegunungan. Namun, danau ini surut. Kabarnya, air danau mengalir ke Gua Sangkyang Tikoro. Sejak itu Bandung menjadi kering.Daerah terakhir yang kering adalah Situ Aksan. Tahun 1970 daerah ini masih menjadi danau pariwisata. Namun, saat ini sudah menjadi pemukiman.
    4.Sebagai Kota Jaringan Seluler

    Meskipun Bandung bukan lah ibu kota negara Indonesia, namun dipercaya menjadi kota pertama yang mendapatkan jaringan seluler dari operator telekomunikasi seperti Axis, Flexi, Esia dan lainnya untuk menguji jaringan perdana. Jadi warga kota Bandung pertama kali merasakan kualitas jaringan seluler, disaat kota lain belum memilikinya. 

    5. Masuk dalam 6 Besar Finalis Smart City Kelas Dunia 
     Dibawah kepemimpinan walikota Ridwan Kamil, kota Bandung berhasil mengalahkan puluhan kota dari seluruh dunia dan menjadi finalis World Smart City Award 2015 yang diadakan di Barcelona beberapa waktu lalu. Bandung mendampingi Dubai sebagai wakil dari Asia pada kompetisi tersebut
     

    0 Response to "5 fakta dan sejarah unik tentang kota bandung"

    Post a Comment

    Popular Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Bawah Artikel